KPT Makassar Resmikan PTSP Modern Berbasis Teknologi Informasi Pengadilan Negeri Bulukumba

Media Bulukumba - Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum., meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) modern berbasis teknologi informasi pada Kantor Pengadilan Negeri Bulukumba, sekaligus peletakan Bulukumba batu pertama pembangunan Mess Pengadilan Negeri Bulukumba, Rabu 11 September 2024.

Pada peresmian PTSP tersebut, selain dihadiri sejumlah Ketua Pengadilan wilayah hukum Pengadilan Tinggi Makassar bersama Panitera PT dan rombongan, juga hadir Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf bersama Ketua TP PKK Hj. Andi Herfida, unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Bulukumba.

Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr.H.Zainuddin,SH,M.Hum pada peresmian itu menyampaikan

hadirnya PTSP Pengadilan Negeri Bulukumba bertujuan untuk merubah wajah PN yang selama ini terkesan menakutkan menjadi PN yang menyenangkan dengan pelayanan yang mengarah seperti bank.

Dia pun berpesan agar pelayanan dari petugas PTSP Pengadilan Negeri Bulukumba tetap menyambut senyum bagi yang datang ke PTSP.

” Yang pasti prinsipnya dahulukam senyum kepada setiap tamu yang datang. Dan sebaiknya petugas lebih dominan perempuan, karena Perempuan sering membawa kesejukan,” sebut Ketua PT Makassar.

Disampaikan pula PTSP harus selalu berlomba menciptakan inovasi dan termodern seperti PN Bulukumba saya lihat lebih canggih karena Ketuanya mungkin Perempuan.

” Saya yakin kalau masuk ruang PTSP PN Bulukumba pasti merasa nyaman,” puji Dr.H.Zainuddin,SH.

Sebelumnya Bupati Bulukumba yang akrab disapa Andi Utta pada kesempatan itu mengpresiasi PN Bulukumba yang telah membuka PTSP yang lebih cepat pelayanan, mudah transparan dan mendorong tata kelola di PN lebih bagus, secara terbuka dan terukur serta menghindari birokrasi berbelit belit.

” Saya selaku pemerintah kabupaten tentunya juga bertanggung jawab bagaimana agar tingkat pelanggaran hukum bisa ditekan, melalui peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Karena lanjut Andi Utta, jika kesejahteraan ekonomi masyarakat sudah baik, yakin tingkat pelanggaran hukum, seperti tindak kriminal juga akan menurun.

” Jadi mari kita bersama sama berusaha bagaimana agar tingkat pelanggaran hukum bisa ditekan, ” harap Bupati Andi Utta.

Bahkan dihadapan Ketua PT Makassar, Bupati Andi Utta berharap Blbagaimana agar warga binaan Lapas Bulukumba isinya sedikit, dengan catatan ekonomi masyarakat lebih baik dan pelanggaran hukum bisa ditekan. Dan Forkopimda bisa bersama sama memikirkan hal tersebut dengan berusaha memperlus lapangan kerja yang tentunya pelanggaran hukum bisa ditekan.

Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba Ernawaty, S.H., M.H., dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka meningkatkan reformasi birokrasi dan akses keadilan, Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada dibawahnya terus melakukan upaya untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir serta budaya kerja seluruh aparatur dalam meningkatkan pelayanan publik.

Menunjukkan kesungguhan Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya untuk serius memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurutnyqla, penguatan modernisasi manajemen perkara dan manajemen administrasi perkara melalui perluasan pelayanan hukum yang terintegrasi terus dibangun dan diwujudkan dalam bentuk aplikasi elektronik administrasi perkara pada Pengadilan yang terintegrasi dengan penegak hukum lainnya.

” Dalam rangka mewujudkan kebijakan Mahkamah Agung, Pengadilan Negeri Bulukumba telah mengembangkan Inovasi layanan yang bertujuan meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik dengan melakukan modernisasi tampilan layanan terpadu satu pintu yaitu pelayanan satu meja informasi yang telah terintegrasi dalam PTSP di Pengadilan seluruh Indonesia berbasis elektronik dan digitalisasi,” papar Ketua PN Bulukumba.

Menurutnya, meja informasi ini digunakan sebagai layanan informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan hal yang berkaitan dengan Pengadilan seperti prosedur berperkara dab pelayanan informasi hukum lainnya yang dapat diakses dengan mudah melalui kecanggihan teknologi, sehingga masyarakat pengguna layanan Pengadilan dapat mengakses dengan mudah kebutuhan informasi layanan yang dihadirkan di Pengadilan Negeri Bulukumba.

” Insya Allah modernisasi layanan dengan tampilan dan performa yang kami hadirkan di Pengadilan Negeri Bulukumba merupakan performa layanan PTSP Moderen yang pertama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Makassar,” papar Ernawaty, S.H., M.H. sambil berharap inovasi layanan PTSP Modern ini mampu menjangkau kebutuhan layanan hukum bagi masyarakat Bulukumba khususnya dan masyarakat umum lainnya.

” Insya Allah dengan kerja sama yang baik khususnya lingkup PN Bulukumba, pasti kita bisa mewujudkan PN Bulukumba yang Paripurna,” tutup Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba Ernawaty, S.H., M.H.



Post a Comment

Previous Post Next Post